Lompat ke isi utama

Berita

"Dalam rangka memperkuat kesiapan: Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar Rapat Fasilitasi dan Pembinaan untuk Memastikan Pemilu 2024 Berlangsung Adil dan Jujur"

Kegiatan 27-28 Januari 2024

Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur dan Kepala Sekretariat Kabupaten Cianjur dalam Pembukaan Kegiatan Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran Pada Pemilihan Umum Tahun 2024. 

Bawaslu Kabupaten Cianjur - Tahapan masa kampanye pada pemilu 2024 sedang dilaksanakan sampai dengan tanggal 10 Februari 2024. Setiap peserta pemilu berlomba lomba untuk dapat menyampaikan visi misi dan menampilkan citra dirinya untuk dapat meningkatkan elektabilitas didepan masyarakat.

Intensitas yang tinggi dalam masa kampanye dapat menimbulkan beragam potensi pelanggaran pemilu dan potensi sengketa antar peserta pemilu.

Dalam rangka memperkuat kesiapan tersebut Bawaslu kabupaten Cianjur memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Sanggabuana, Cipanas (27-28/01/2024).

Bapak Yana Sopyan selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran sampaikan peranan Bawaslu dalam Undang Undang Pemilu sebagai penegak hukum dalam pelanggaran tindak pidana Pemilu yang mempunyai kedudukan sama dengan penegak hukum lainnya "karena Bawaslu diberi kedudukan peran dan fungsi sebagai penegak Hukum berdasarkan Undang-undang Pemilu," ungkapnya.

Bawaslu Kabupaten Cianjur akan menghimbau kepada Panwaslu Kecamatan untuk membuat saran perbaikan yang akan diberikan kepada Partai tingkat Kecamatan se-Kabupaten Cianjur.

"Jika memang tidak diindahkan oleh Partai Politk selama 3 hari, maka akan dijadikan temuan dugaan pelanggaraan administrasi Pemilu," Katanya.

Melengkapi hal tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur Tatang Sumarna menegaskan Pengawas Pemilu memiliki tugas dan wewenang melakukan penindakan pelanggaran, dalam pemilihan umum.

"Saat ini tahapan Masa kampanye pada pemilu tahun 2024 sudah berjalan, pemahaman dan penyamaan persepsi mengenai masa kampanye sangat penting dan dapat membaca isue-isue krusial dalam tahapan masa kampanye saat ini," Ujarnya.

Penulis: Ery Gustian

Foto: Egy Wahidin