Pimpinan Bawaslu Kab. Cianjur Hadiri Rakor Bawaslu Kab/Kota se-Jawa Barat, Penguatan Internal Jadi Fokus Utama

Cianjur (12/1/22), Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur hadiri Rapat Koordinasi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat secara daring yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, masing-masing pimpinan Bawaslu Jabar memaparkan agenda dan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 kepada Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Rapat koordinasi ini membahas beberapa poin yang direncanakan untuk tahun 2022, diantaranya pelaksanaan rapat kerja lintas divisi, penguatan kehumasan melalui media sosial dan pemberitaan, rekrutmen pengawas adhoc dengan partisipasi perempuan min. 30%, program kampung pengawasan, program Bawaslu goes to campus, penguatan digitalisasi data dan kajian prodak hukum, program sengketa goes to public, pembuatan jurnal keadilan Pemilu. Arah kebijakan program dan anggaran tahun 2022 difokuskan pada penguatan internal di semua fungsi dan juga perluasan jaringan pengawasan partisipatif dalam menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Dalam rapat tersebut juga disampaikan bahwa setiap kegiatan harus berpedoman kepada Electoral Risk Maanagement. Pedoman ini dijadikan acuan agar Bawaslu Kab/Kota dapat memetakan potensi resiko disetiap tahapan Pemilu. Sehingga kita dapat mengurai titik persoalannya apa, dan menentukan langkah mitigasinya. Hal ini akan menjadi sinergi karena seluruh divisi bersama-sama menyusun dokumen manajemen resiko kepemiluan. Sehingga ketika menghadapi permasalahan, Bawaslu Kab/Kota sudah memiliki panduanya.

Menutup rapat ini, pimpinan Bawaslu Jawa Barat berharap agar seluruh Bawaslu Kab/Kota semakin siap dalam mengawal pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang, serta bertekad mempersiapkan program dan anggaran yang sesuai dengan visi, dan misi Bawaslu.

Author: Egi Wahidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *