Lompat ke isi utama

Berita

Sortir dan Pelipatan Surat Suara Dimulai: Langkah Penting dalam Persiapan Pemilihan Umum

Pengawasan Logistik

Perdana, Bawaslu Kabupaten Cianjur melakukan pengawasan melekat sortir lipat surat suara Pemilu tahun 2024 di gudang KPU Cianjur, Senin (8/1/2024).

Cianjur, Jawa Barat - Dalam rangka  menyelenggarakan Pemilihan Umum yang transparan dan efisien, KPU Kabupaten Cianjur melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara perdana untuk pemilihan umum tahun 2024, Senin (8/1/2024). Proses pelipatan menjadi salah satu langkah awal yang krusial, memastikan bahwa nantinya surat suara yang sudah di sortir siap untuk didistribusikan ke TPS.

Turut hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur Asep Tandang Suparman, Ketua KPU Kabupaten Cianjur Muchamad Ridwan, dan ASDA I Kabupaten Cianjur Arief Purnawan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan dan arahan dari Ketua KPU Kabupaten Cianjur Muchamad Ridwan. Dalam arahannya Ridwan berpesan kepada seluruh petugas penyortiran dan pelipatan surat suara untuk mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan oleh KPU.

Petugas yang terlibat total sebanyak 1.000 orang yang berasal dari internal KPU/PPK dan petugas eksternal yang telah direkrut. Proses sortir dan pelipatan dibagi per kelompok dan masing-masing kelompok diwakili oleh sekretariat KPU/PPK Kabupaten Cianjur sebagai koordinator untuk melakukan kontrol selama proses sortir-lipat.

Sebelum pelaksaan dimulai, tim koordinator memberikan panduan dan pelatihan kepada petugas terkait tata cara untuk memastikan konsistensi dalam bentuk dan cara pelipatan, agar pelaksaan sesuai dengan kententuan yang sudah ditetapkan.

Proses sortir dan lipat dimulai dengan melipat surat suara DPR RI sebanyak 1.872.334 lembar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Asep Tandang Suparman menyatakan, proses pelipatan surat suara adalah fondasi dari keseluruhan pemilihan.

"Harus dipastikan juga bahwa setiap surat suara dilipat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,". Pungkasnya.

Penulis dan Editor: Ery Gustian

Foto: Egy Wahidin