Lompat ke isi utama

Berita

Proses Rekapitulasi Surat Suara Telah Selesai, Menuju Hasil Akhir Pemilu

Rapat Pleno Warungkondang

Proses penandatanganan bersama PPK dan Saksi dari perwakitan tiap Partai Politik.

Warungkondang, Kabupaten Cianjur - Rapat pleno terbuka yang berlangsung di GOR Sehati Desa Sukawangi menetapkan hasil rekapitulasi pemungutan suara pemilu 2024 tingkat Kecamatan pada hari, Jumat (23/2/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri PPK Warungkondang, Panwascam Warungkondang, Camat, para saksi dari perwakilan masing-masing Partai Politik dengan pengamanan dari TNI-POLRI.

Rapat Pleno yang diselenggarakan oleh PPK Warungkondang, yang sudah dilaksanakan sejak pekan lalu.

Saat penetapan hasil rekapitulasi suara yang dibacakan oleh PPK sempat menuai protes dari salahsatu saksi karena adanya perbedaan hasil Rekapitulasi suara Partai Demokrat.

"Memang betul, tadi ada perbedaan dari hasil rekapitulasi suara, yang di bacakan oleh PPK, makanya saya protes, itupun mendapat rekomendasi dari Panwaslu Kecamatan, ternyata salah penyampaian, tapi sudah selesai," ujar Iis Nurlaelasari saksi dari partai Demokrat di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Ketua PPK Warungkondang, Murzani mengatakan, hari ini merupakan rapat penetapan hasil rekapitulasi pemungutan suara.

"Mengenai saran atau masukan seperti tadi itu selalu ada, dan insya Allah bisa diselesaikan, adapun para saksi dari parpol dan saksi lainya itu hadir semua," kata Murzani.

Perihal interupsi yang direkomendasikan, Ketua panwaslu Kecamatan Warungkondang, Yosep H Sandi menjelaskan, itu sudah sesuai dengan prosedur terkait beberapa hal yang dipertanyakan salahsatu saksi itu hanya salah penyampaian saja dan sudah diselesaikan.

"Mungkin tadi hanya salah penyampaian saja, dan alhamdulillah itu bisa diselesaikan, untuk pengawasan dari pihak panwascam itu selalu kita perketat sampai akhir kegiatan, bila ada kekeliruan silahkan laporkan ke kami," jelasnya.

Dalam tahap pemungutan suara Kecamatan Warungkondang tidak terjadi Pemilihan Suara Ulang (PSU), bahkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS sampai rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kecamatan warungkondang semua berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Ini berkat dari hasil pengawasan kita bersama, alhamdulillah dari pertama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS sampai hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan warungkondang tidak ada kendala, seperti pelaksanaan pemilu di tahun sebelumnya yang sempat melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU)," pungkasnya.

Penulis: Ery Gustian

Foto: Panwascam Warungkondang