Lompat ke isi utama

Berita

Penguatan Peran Panwaslu Kecamatan Melalui Bimbingan Teknis/Pelatihan Tupoksi Kepemiluan

Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu 2024

Dokumentasi Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu dengan tema Bimbingan Teknis/Pelatihan Tupoksi Kepemiluan bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Cianjur.

Cianjur - Dalam rangka memastikan profesionalisme dan kesiapan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) menjelang Pemilihan Umum Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar Bimbingan Teknis terkait Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kepemiluan yang dilaksanakan di Sangga Buana Hotel, Cipanas 16-17 Januari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman Panwaslu Kecamatan terkait tanggung jawab mereka dalam menjaga integritas pemilihan di tingkat Kecamatan.

Ketua Bawaslu Cianjur
Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Asep Tandang Suparman saat membuka kegiatan.

Ketua Bawaslu, Asep Tandang Suparman, dalam sambutannya, "Bimbingan teknis ini menjadi langkah krusial dalam memastikan bahwa Panwaslu Kecamatan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tupoksinya secara efektif."

"Saya harap Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan bisa melaksanakan manajemen yang baik dan bisa dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

kaitannya dengan kegiatan sore ini Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur berpesan khususnya kepada Ketua/Koordiv SDM harus melaksanakan kerja-kerja yang sesuai dengan tata cara dan prosedur, bila ada hal yang perlu di koordinasikan bisa tanyakan kepada kami, baik hal nya yang bersifat umum maupun kasualistik.

Narasumber, dalam paparan materi menerangkan tentang bagaimana Fungsi Manajamen Organisasi sebagai alat kontrol. Agar setiap individu tidak overlapping sesuai dengan tugas dan fungsi nya. beliaupun menyoroti apa yang masih menjadi hambatan dalam implementasi Manajemen Organisasi seperti kurangnya pelatihan dan pengembangan kapasitas SDM di lingkungan Bawaslu, Pola Pikir (mind set) dan budaya kerja pada kebiasaan yang sudah dilakukan yang terkadang salah atau sudah kadaluarsa, dan cara berpikir ego sectoral yang belum mengedepankan kesatuan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur
Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur, Tatang Sumarna saat memberikan sambutan dan arahannya.

Tatang Sumarna selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Cianjur mengapresiasi kepada seluruh teman-teman Panwascam yang sudah melaksanakan kegiatan, terutama pada rekrutmen PTPS.

"Saya harapkan teman-teman dapat menciptakan rekrutmen PTPS yang berintegritas di Kabupaten Cianjur ini," ucapnya.

Kedepan dalam hal pengawasan pungut hitung, kaitannya dengan PTPS dimana nanti bapak/ibu Panwaslu kecamatan yang menentukan, kami berharap PTPS yang terpilih siap dengan teknologi, karena nanti PTPS akan mendokumentasikan tentang 5 file Salinan hasil, yang bisa mengconvert JPG ke PDF. Hasil-hasil pengawasan PTPS ini nanti akan di upload di akun Siwaslu PTPS.

"Apa yang sudah kita pandu secara tertulis maupun arahan dari Bawaslu Kabupaten Cianjur hendaknya bisa menjadi acuan utama," pungkasnya. 
 

Penulis dan foto: Ery Gustian

Editor: Egy Wahidin