Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Cianjur Temukan 2 Orang Joki Pantarlih Saat Pemutakhiran Data

Bawaslu Kabupaten Cianjur temukan dua orang joki yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) pada saat melakukan uji petik.

Hal tersebut diungkapkan pada saat Bawaslu Cianjur, melakukan penyampaian hasil pengawasan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Cianjur yang dilakukan oleh Pantarlih di 32 Kecamatan.

Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Cianjur Hadi Dzikri Nur, mengatakan hasil uji petik yang dilakukan ditemukan dua Pantarlih menggunakan joki dalam pemutakhiran data pemilih.

"Kami melakukan uji petik 10 KK di setiap TPS, hasil temuannya ada beberapa seperti 43 KK di 8 kecamatan yang tak sesuai. Belum dicoklit tapi sudah ditempeli stiker sebanyak 19 KK. Pantarlih yang menggunakan joki ada dua orang di Kecamatan Pagelaran," ujar Hadi, di Kantor Bawaslu Cianjur, Kamis (2/3/2023).

Hadi mengatakan, hasil temuan dari uji petik yang ditemukan Bawaslu Cianjur harus diperbaiki oleh KPU Cianjur.
"KPU harus memperbaiki dan melaksanakan saran perbaikan supaya dicoklit ulang di beberapa tempat," ujarnya.

Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari, menambahkan bahwa pengawasan akan terus dilakukan hingga proses coklit yang dilakukan oleh Pantarlih selesai dalam dua pekan ke depan.

"Proses coklit akan berlangsung sampai dengan tanggal 14 Maret mendatang, saya optimistis KPU bisa memperbaiki hasil temuan kami," ujarnya.

Tag
Berita